Langsung ke konten utama

Sudah Kecanduan Smartphone? Hati-Hati Ini Bahayanya Untuk Otak Dan Fisik






Apakah kamu merasa tidak nyaman jika tidak memegang smartphone walaupun hanya sebentar? 

Apakah kamu sering menghabiskan waktumu hanya untuk bermain smartphone? 

Apakah kamu lebih sering berinteraksi dengan smartphonemu dari pada orang lain? 

Jika jawabanmu iya maka kamu sudah kecanduan dengan smartphone. Apakah kecanduan smartphone berbahaya? jelas saja kecanduan smartphone sangat berbahaya. Terlebih dahalu kita simak apa pengertian kecanduan. 

Kecanduan atau ketagihan adalah saat tubuh atau pikiran kita dengan buruknya menginginkan atau memerlukan sesuatu agar bekerja dengan baik. Kita disebut pecandu bila kita memiliki ketergantungan fisik dan ketergantungan psikologis terhadap sesuatu hal. 

Menurut para ahli, kecanduan gadget bisa menyebabkan efek euforia yang sama dengan perilaku kecanduan lainnya, seperti berjudi atau melihat tontonan dewasa. Berdasarkan hasil penelitian, kecanduan gadget dapat mengubah zat kimia otak yang pada akhirnya memengaruhi kondisi fisik, psikologis, dan perilaku seseorang.

Kecanduan smartphone dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan otak dan kesehatan fisik. Mari kita simak dampak buruk smartphone untuk otak dan fisik,serta cara membatasi diri dari smartphone. 

A.DAMPAK BURUK KECANDUAN SMARTPHONE UNTUK KESEHATAN OTAK

1.MELEMAHNYA PENALARAN INDUKTIF

Ketergantungan pada smartphone akan menurunkan kecerdasan mental dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, setiap orang yang sudah kecanduan smartphone akan sulit memecahkan masalah karena kecerdasan mentalnya menurun.

2. MENGAKIBATKAN NOMOPHOBIA

Apa itu NOMOPHOBIA? 
NOMOPHOBIA atau No Mobile Phone Phobia adalah sindrom ketakutan jika tidak mempunyai akses ke smartphone. Nomophobia biasanya akan merasa cemas jika tidak memiliki kouta, pulsa, atau kehabisan baterai. Nomophobia pun akan berdampak buruk untuk diri kita karena ia akan cenderung memilih bermain smarphone dari pada menyelasaikan pekerjaan atau tugas sekolahnya. 


3. MENURUNKAN DAYA INGAT

Kecanduan gadget atau smartphone juga akan menurunkan daya ingat kita. Karena dalam ingatan seseorang yang sudah kecanduan gadget dia akan mengingat gadget,gadget dan gadget maka daya ingatnya pun dapat menurun di karenakan ia tidak fokus terhadap hal lain. 

4. MENYEBABKAN ANTI INTERKASI SOSIAL

Orang yang sudah kecanduan smartphone akan menjadi orang yang tertutup dan tidak peduli terhadal lingkungan sekitar. Dengan ia tertutup dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar ia pun akan terbiasa dengan namanya tidak berinteraksi kepada orang lain. 

B. DAMPAK BURUK SMARTPHONE BAGI KESEHATAN FISIK

1. MENURUNNYA KUALITAS PENGLIHATAN

Kecanduan smartphone akan membuat mata menjadi sakit dan menurunnya kualitas penglihatan, karena terlalu lama menatap layar smartphone yang menyebabkan cahaya biru dari smartphone akan masuk ke mata yang cepat atau lambat dapat merusak penglihatan kita. 

2.MENYEBABKAN KURANG TIDUR

Orang yang sudah kecanduan smartphone akan sukit tidur jika smartphonenya belum mati atau lowbat, ia akan asik memainkan smartphone hingga tidur larut malam yang tidak baik untuk kesehatan. Masalah kesehatan ini bisa meningkatkan risiko terjadinya obesitas, diabetes, penyakit jantung, bahkan infertilitas.
Karena kurang tidur, pecandu gadget akan sulit berkonsentrasi dan mengalami kelelahan sepanjang hari. Hal ini dapat meningkatkan risiko cedera atau kecelakaan saat bekerja atau menyetir.

3. MENYEBABKAN NYERI DI BAGIAN TUBUH TERTENTU

Orang yang sudah kecanduan gadget mungkin tidak menyadari bahwa lehernya sering tertekuk dan jari-jari tangannya tidak berhenti mengetik di layar gawainya. Hal ini membuat mereka rentan mengalami sakit leher, nyeri bahu, serta nyeri pada jari-jari dan pergelangan tangan.

4. MENYEBABKAN INFEKSI

Kenapa bermain smartphone dapat menyebabkan infeksi?  Karena layar gadget adalah sarangnya jutaan kuman. Bahkan ada riset yang menyatakan bahwa kuman E.coli penyebab diare paling banyak ditemukan pada gadget. Hal ini membuat orang yang sering bersentuhan dengan gadget lebih berisiko terkena infeksi.


C. CARA MEMBATASI DIRI DARI SMARTPHONE

1. Lakukan lah olagraga secara rutin agar tidak selalu.      tergantung pada smartphonemu. 
2. Perbanyak membaca buku seperti buku cerita,novel
    atau membaca buku-buku pelajaran sekolah.
3. Isi waktu luangmu dengan berkumpul dengan                sahabat,keluarga atau komunitasmu.
4. Perbanyak bermain di luar ruangan  dengan     kegiatan yang bermanfaat. 
5. Gunakan smartphone secukupnya dan seperlunya     saja.


Note:
Jika sudah mengetahui bahwa dampak smartphone tidak baik untuk diri kita ada baiknya kita membatasi penggunaan smartphone gunakanlah smartphone dengan bijak dan sesuai kebutuhan karena segala sesuatu yanh di lakukan secara berlebih itu tidak baik.

Jangan lupa share, jika artikel ini bermanfaat..... 

Komentar

  1. Para blogger perlu waspada.. jngan smpe kecanduan😂

    BalasHapus
  2. Jangan sampai kita kecanduan ngegame kemudian lupa untuk menulis artikel. Sangat berbahaya itu om :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka dari itu om kita harus menggunakan smartphone dengan bijak

      Hapus
  3. Ia min memang bahaya sekali, selebih lagi pola hidup orang sekarang jk tidak ada HP bisa mati gaya.
    BeHangat.Net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa mereka sadari bahwa berlebihan menggunakan hp itu berbahaya

      Hapus

Posting Komentar

Silahlan isi kolom komentar jika ada yang ingin di pertanyakan

Postingan populer dari blog ini

6 Bahaya Bucin Yang Jarang Di Ketahui Orang Banyak!!

Pada hakikatnya semua manusia pasti memiliki rasa cinta. Apa itu cinta? Cinta  adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. ... Dalam konteks filosofi cinta  merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Namun tidak sedikit orang-orang yg lalai dalam kisah cintanya hingga menjadikan dia bucin atau budak cinta,pada jaman milenials ini tragis sekali banyak anak muda yang mengalami kebucinan ini dan yg perlu di ketahui bahwa bucin ini memiliki dampak negatif untuk diri sendiri, karir dan masa depan. Bucim pun terdiri dari 2 golongan yaitu bucin yg terjadi ketika masih memiliki hubungan dan bikin yang terjadi karena putus cinta. Namun bagaimana bentuk bucin perlu di ketahui bahwa bucin memiliki dampak negatif atau bahaya jika di bucin ini terus di ada di dalam jiwa kalian Berikut bahaya bucin yg lerlu di ketahui.  1. Bucin dapat menurunkan kecerdasan dan menurunkan konsentrasi Dampak buruk atau bahaya bucin y

9 Cara Menyikapi Kegagalan Dalam Segala Hal

Dalam kehidupan kita sebagai manusia khususnya dalam berkarir pasti tidak asing lagi dengan namanyanya kegagalan. Kegagalan adalah posisi atau situasi dimana seseorang belum di takdirkan untuk mendapatkan hal yang ia inginkan. Kegagalan adalah salah satu proses yang tidak terpisahkan dari kesuksesan. Kegagalan proses dimana manusia harus lebih berhati-hati lagi dalam bertindak. Untuk itu saya akan membagikan cara bagaimana menyikapi sebuah kegagalan dalam hal apapun 1. JANGAN PUTUS ASA  DAN TETAP SEMANGAT UNTUK SUKSES Banyak sekali orang yang setelah menerima kegagalan langsung berpikir pendek atau dapat dikatakan berputus asa tidak mau melakukan hal itu lagi padahal hal itu tidak boleh di lakukan jika mengalami kegagalan, ingat kegagalan bukan alasan untuk berhenti berjuang dan berputus asa. Dari kegagalan seharusnya kita harus lebih bersemangat untuk maju. 2. TERUS BELAJAR DAN BERBENAH Banyak orang yang setelah gagal ia berhenti untuk belajar bahkan pun tidak mau mengena

Faktor-Faktor Yang Membuat Remaja Sulit Mencapai Kesuksesan

Faktor yang membuat anak jaman sekarang sulit untuk sukses- Siapa si orang yang tidak ingin mendapatkan kesuksesan dalam beberapa hal baik dalam karir, pendidikan dan kisah percintaan aseeekkk wkwkw. Pasti banyak orang yang tujuan hidupnya ingin sukses, suskses dan sukses termasuk kalian anak muda milenials pasti kalian ingin juga sukses bukan? Sudah tau arti sukses? Kalo belum simak dulu pengertian sukses nya. •PENGERTIAN SUKSES SUKSES adalah posisi dimana setiap manusia berhasil untuk menggapai atau meraih hal yang mereka inginkan atau dapat dikatakan dapat meraih impian mereka. Kurang lebih begitu pengertian sukses, tapi tunggu dulu sukses di dapatkan tidak semudah dalam ucapan sukses membutuhkan perjuangan kerasa, usaha yang tiada henti, dan doa yang terus di panjatkan Banyak orang yang ingin sukses tapi tidak mau berjuang untuk kesuksesannya bahkan ada yang sudah berjuang tapi tidak sukses-sukses atau dapat di katakan sulit untuk sukses khususnya kalian kaum milenials

Tak Sadar Di Video Sedang Joget Santuy, Wanita Yang Di Sebut Ukhty Ini Viral!!!

SetiaOne Pedia_ID-    Hal viral sudah menjadi hal biasa di indonesia justru mungkin hal viral ini adalah hal yg sangat di nanti-nantikan para netizen indonesia. Siapa yg tidak senang jika dirinya viral walaupun viralnya bukan di sengaja seperti  g adis cantik berhijab yang asyik berjoget saat menonton karnaval hingga videonya viral di Twitter, akhirnya memberikan pengakuan Sebelumnya, video seorang gadis berhijab sedang berjoget asyik seolah-olah tidak menghiraukan orang di sekelilingnya menjadi viral di media sosial Melansir dari SUAR dalam artikel 'Viral Video Gadis Cantik Berjilbab Asyik Berjoget saat Nonton Karnaval: Kalau Enggak Goyang Badan Kayak Sakit Semua', gadis berhijab yang kemudian diketahui bernama Miftaqul Rohmah (21) itu akhirnya memberikan pengakuan Mbak Ita, begitu dia disapa, saat ini bekerja di Malang, Jawa Timur. Dan SUAR (grup SURYA.co.id) pun sempat mengobrol lewat Direct Massage Instagram. Berikut obrolan SUAR dengan Mbak Ita: 1. Assalamual

Kisah Unik Suami Istri Dengan Pin ATM Yang Bikin Heboh!!

SetiaOne Pedia_ID -Istri mana yang tidak merasa senang jika diberi kebebasan belanja oleh suami? Apalagi dalam bentuk tidak terbatas, contohnya kisah viral satu ini, sang suami beri kartu ATM untuk istri dan bisa dibelanjakan semaunya. Seorang netizen dengan akun @giewahyudi satu ini mengunggah kisah viral. Tak butuh waktu lama, viral di media sosial. Sebagaimana hasil pantauan Okezone, Rabu (4/9/2019) di media sosial, Gie menunggah sebuah foto yang menampilkan secarik kertas yang bertuliskan pesan dari seorang suami baik hati namun bisa dibilang sedikit usil. Bagaimana tidak usil? Pasalnya dalam secarik kertas tersebut, tertulis dalam kisah viral itu, sang suami menyuruh istrinya untuk berbelanja hingga mentraktir teman-temannya di mall sepuasnya, dengan menggunakan tiga buah kartu ATM yang ia berikan. “Dear Istriku sayang, pakailah kartu ATM ku ambil beberapa yang kau mau. Pergilah belanja or traktir teman-temanmu makan di mall trus shopping. Ooo iya lupa, PIN ATM,” , bunyi pe

Butuh Duit? Kembangkan 6 Hobby Ini!!

Siapa si yg tidak mau jika hobby nya bisa menghasilkan keuntungan bahkan bisa menjadi sebuah pekerjaan. Pasti sangat menyenangkan jika kita bekerja berdasarakan hobby. Baiklah disini admin punya 6 hobby yg berpeluang besar di jadikan sebuah pekerjaan yg menghasilkan keuntungan yg banyak jika terus di kembangkan. Mari simak apa saja hobby tersebut. 1.Bermain Game   Iyaa game banyak sekali di jaman yg modern ini anak anak muda hingga yg sudah berusia bermain game dari game ber genre fps maupun moba bukan sekedar hobby jika kalian jago dalam bermain game kalian bisa meraup keuntungan yg besar yaitu dengan cara menjadi pro player ataupun content creator game banyak sekali Orang yg sukses menekuni dunia game alalagi jaman sekarang dengan banyaknya tim esport dan berkembang nya dunia esport memudahkan kalian untuk menjadi pro player. 2.Hobby Menulis Kabar baik pun untuk kalian yg memiliki hobby menulis kalian bisa mengembangkan hobby kalian dengan cara menulis buku ataupun membu

Manfaat Dan Cara Menghindari Setres Yang Jarang Di Ketahui Orang!!

Beban pikiran biasanya akan membuat seseorang setres. Apa si itu setres?  Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya.Beberapa ahli mendefinisikan stres sebagai: Respon non spesifik dari tubuh di setiap tuntutan. Stres sering dipandang sebagai sensasi yang secara eksklusif negatif: Jadwal dan kewajiban waktu kerja yang menumpuk, drama keluarga atau ada masalah dalam keluarga, jadwal sibuk membuat kita kita dan akhirnya kita kehabisan tenaga. Stres terjadi ketika seseorang merasakan ketidakseimbangan antara tantangan dan sumber daya yang harus mereka tangani, kata Kathleen Gunthert, seorang profesor psikologi di American University. Para peneliti telah mengidentifikasi dua jenis stres yang berbeda - 'tekanan', yang mengacu pada stres negatif (putus) dan 'stres', yang mengacu pada stres positif (memulai pekerjaan baru). Stres kronis - didefinisikan

Menangis Di Kamar Pengantin Setelah Di Tinggal Menikah Sang Kekasih Lelaki Ini Viral!!